Garnesa, itulah sebutan Electric Vehicle kita yang berarti Garuda Unesa. Kenapa kita menamakan Garuda Unesa??karena kita ingin nama Electric Vehicle kita dapat membumbung tingi layaknya burung garuda yang mampu terbang tinggi diantara burung-burung lainnya. Akhirnya muncul suatu nama tim yang terinspirasi dari nama Electric Vehicle kita yaitu Garnesa Racing Team.
Pertama kali Garnesa Racing Team (GRT) berdiri atas dasar Tugas Akhir para mahasiswa D3 Teknik Mesin oto yang dilatar belakangi oleh suatu kompetisi di Bandung yaitu KMLI (Kompetisi Mobil Listrik Indonesia). Selama pengerjaan Electric Vehicle ini bukan hanya mahasiswa D3 yang berkonstribusi dalam pembangunan Electric Vehicle namun banyak pihak yang ikud serta seperti mahasiswa S1 Teknik Mesin, Lab Mekatronika selaku penyediaan tempat selama 24 jam, Fakultas Teknik dan banyak lagi.
Pembangunan awal desain Electric Vehicle kita bisa dibilang gagal karena konstruksi dari rangka dasar tidak mampu menahan beban keseluruhan mulai dari sektor kaki-kaki, motor, battery, driver, beserta komponen pendukung lainnya. Setelah itu sempat kita putus asa karena hampir satu bulan semenjak desain awal kita di bulan November 2011 gagal kita belom menemukan desain rangka dasar yang mampu menopang semua komponen. Ide pencarian refrensi pun kita jalankan, mulai dari rangka go-cart, pencarian refrensi dari perguruan tinggi di Surabaya maupun dokumentasi dari Kompetisi Mobil Listrik Indonesia (KMLI) di tahun 2010. Setelah 2 minggu pencarian refrensi, kita berkumpul untuk membuat desain rangka yang cocok dengan kebutuhan kita. Akhirnya pembuatan rangka dasar kedua kita dimulai, mulai dari pemilihan bahan, pemilihan komponen yang sesuai, mulai dari sektor Electrical, maupun sektor Mechanical.
Hampir 5 bulan kita membuat Electric Vehicle kita agar mampu berkompetisi dan mensukseskan Tugas Akhir para mahasiswa D3 Teknik Mesin oto. Banyak komponen yang mesti dipikirkan tingkat kepresisiannya agar mobil dapat berjalan dengan baik, bisa dibilang 40% mobil kita handmade dan yang 60% kita cari komponen dipasaran yang bisa modifikasi ataupun bisa kita plug and play.
Genap 5 bulan Electric Vehicle kita dapat berjalan dengan baik namun masih banyak kekurangan disana sini yang membuat kita memutar otak kembali agar bisa mensiasati kekurangan tersebut.
Debut pertama kita adalah Kompetisi Mobil Listrik Indonesia (KMLI) di Bandung 2-4 November 2012. Seperti halnya anak kecil kita masih awam masalah kompetisi, yang jelas kita tahu bahwa mobil dapat menempuh semua uji yang diberikan oleh panitia penyelenggara. Namun dengan ilmu yang kita dapatkan dalam perkuliahan, kita dapat menyusun suatu strategi meskipun belum sepenuhnya benar dengan berlandaskan logika saja. Dengan seperti itu kita menyelesaikan semua uji yang diberikan oleh pihak panitia tanpa incident maupun kerusakan komponen yang fatal.
By : TIM GARNESA RACING TEAM
0 komentar:
Posting Komentar